Trip to Bandung part 1

Satu minggu sebelum tanggal pemberangkatan, saya sedang galau.., saya ingin menikmati liburan sekali lagi dengan tujuan yang jauh dari Surabaya, kemudian saya teringat dengan kota yang membuat saya selalu excited, yakni Kota Bandung. Wah, oke juga tuh ke Bandung, tapi saya ingin mencoba hal baru dalam perjalanan nantinya ke Bandung. Karena biasanya saya melakukan perjalanan denga kereta api tujuan Bandung yang berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng. Akhirnya, saya putuskan untuk membeli tiket kereta api dengan tujuan Semarang-Bandung (KA Harina). Nah, untuk sampai ke Semarang saya akan mencoba KRDI AC yang baru diresmikan pada saat lebaran 2011 lalu.

Perjalanan diawali dari Kota Surabaya dengan menggunakan transportasi kereta api. Perjalanan hari pertama, saya sudah bersiap diri di Stasiun Pasar Turi guna mengawali perjalan saya menuju Kota Bandung. Saya menuju loket pemberangkatan kereta api Cepu Ekspress. Perjalanan KRDI AC Cepex dimulai pukul 9 pagi dan akan tiba di Stasiun Cepu sekitar pukul 12 siang dan dilanjutkan menuju Kota Semarang. Sampai di Kota Semarang sekitar jam 4 sore. Sembari menunggu keberangkatan KA Harina jam setengah sembilan malam, saya berencana untuk keliling Kota Semarang.

Sampai di Semarang, saya bergegas untuk naik becak menuju kawasan yang selama ini cukup terkenal yakni Simpang Lima. Dengan tarif hanya dua puluh ribu saya pun akhirnya bisa menapakkan kaki di Simpang Lima. Kebetulan, karena saya juga lapar, saya mencari warung untuk mengganjal perut saya yang ada di sekitaran alun-alun simpang lima. Selepas itu saya melepas lelah di simpang lima hingga menantikan adzan maghrib dan menunaikan sholat maghrib di Masjid Raya Baiturrahman. yang berada dikawasan simpang lima. Selepas salat saya berjalan menyusuri jalan Pandanaran menuju kawasan Tugu Muda. Saya menyempatkan diri  untuk mampir ke Gedung Lawang Sewu milik PT Kereta Api Indonesia. Dengan tarif sekitar empat puluh ribu rupiah lengkap dengan pemandu, saya berkeliling di kawasan Gedung Lawang Sewu. Puas mengunjungi Lawang Sewu, saya segera bersiap untuk menuju Stasiun Semarang Tawang mengingat jam sudah menujukkan pukul delapan malam dimana KA Harina tujuan Bandung akan diberangkatkan pukul setengah sembilan.

Sesampai di Stasiun Semarang Tawang, saya pun segera check in dan menuju peron satu untuk naik KA Harina dengan tujuan akhir Stasiun Bandung. Dan tepat pukul setengah sembilan malam, kereta Harina bertolak menuju Ibukota Jawa Barat. Perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 9 jam, selama perjalanan saya terlelap karena dinginnya suasana kereta malam itu ditambah rasa lelah yang menghinggap akibat berkelana kota Semarang sore tadi..

Sekitar pukul 5 lebih, KA Harina perlahan bergerak menuju Stasiun Bandung dan saya beserta seluruh penumpang segera bersiap untuk turun. Selepas turun dari kereta dan keluar dari stasiun, saya mencari sarapan disekitar stasiun sebelum saya menjalani liburan di kota Priangan. Misi saya pertama kali ialah mencari penginapan yang murah untuk tempat tinggal saya sementara di Bandung. Satu hal yang saya lupa ialah untuk memesan hotel yang sudah menjadi langganan saya di daerah jalan Dalem Kaum, Bandung, yakni Wisma GKPRI Jawa Barat, alhasil saat saya mencoba menelpon hotel tersebut, tidak ada kamar yang tersedia karena pada saat itu bertepatan dengan momen libur sekolah. Oalah nasib..nasib... memang belum rejeki saya hari itu, saya tidak mendapatkan kamar dan baru tersedia esok siang. Dengan terpaksa saya mencari hotel alternatif lainnya yang lumayan sedikit mahal bagi kantong mahasiswa seperti saya... he3