Bromo Mountain, East Java, Indonesia

17 Mei 2012

Hari itu saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke daerah TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) lagi untuk kesekian kalinya. Namun kali ini saya ditemani oleh teman seprofesi saya dengan memakai kendaraan sepeda motor. Persiapan pun telah dilakukan untuk menyambut keberangkatan siang dengan rute yang berbeda dari yang dulu pernah saya lewati, mengingat kondisi jalan yang dulu termasuk rawan, bukan dalam hal kriminalitasnya namun hal yang lainnya. Kami sengaja berangkat lebih awal karena kami berencana untuk mengnap di daerah Probolinggo. Ya itung-itung pengalaman menikmati indahnya langit malam di daerah TNBTS he..3x

Singkat cerita, kami pun telah sampai di TNBTS sekitar pukul 7 malam dan langsung menuju penginapan yang telah kami pesan sebelumnya. Kami pun istirahat untuk persiapan menuju penanjakan pagi hari esok melalui padang pasir yang luas dan tanjakan yang lumayan curam. Dan pagi hari yang dinantikan pun telah tiba, kami pun bersiap untuk berangkat. Tidak lupa kami membayar retribusi masuk ke kawasan TNBTS menuju Penanjakan. Perjalanan pun ternyata tidak selancar yang saya pikirkan. Mulai dari lampu mati, jalan yang ngga terlihat, mesin kendaraan sempat mogok.. Wah pokoknya membuat rencana yang ada di pikiran hilang semua.. Karena kami sampai di Penanjakan kondisi langit telah terang, dan kami pun gagal menikmati sunrise di Penanjakan. Ya paling ngga dapet lah pengalaman seru selama di TNBTS..

Beberapa hasil foto yang bisa saya abadikan..

Foto bersama di Penanjakan

Gunung Bromo, Gunung Batok dengan latar belakang Gunung Semeru

View Point Penanjakan

Jalan menuju Gunung Bromo
(Dok : Pribadi)
Foto bersama di padang savana

Para pelancong yang menikmati naik Kuda