Wisata Kereta Uap

16 Maret 2013

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digagas oleh salah satu komunitas yang bergerak di bidang kecintaan akan kereta api, utamanya di Indonesia. Komunitas tersebut ialah Komunitas Peduli dan Pecinta Kereta Api atau sering disingkat KOMUTER. Salah satu agenda utama kegiatan ini ialah mengunjungi museum kereta api yang berada di kawasan Ambarawa, Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 16 Maret 2013.

Saya melakukan persiapan sejak sehari sebelumnya, saya berencana untuk datang kesana dengan jalan darat mengendarai mobil. Saya bertolak dari Surabaya sekitar pukul setengah sembilan malam bersama saudara saya dan seorang teman komunitas. Selama perjalanan dilalui melalui jalur pantura yang tidak pernah sepi dari kendaraan. Namun di beberapa tempat banyak kondis jalan yang rusak parah, salah satunya sekitar daerah Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Sekitar pukul 1 dini hari, kami telah sampai di daerah Demak. Di sana kami beristirahat sejenak untuk mengisi perut, karena kami lumayan lapar juga.. he3

Kami sampai di Kota Lumpia sekitar jam empat pagi, kami meluncur ke daerah terminal Terboyo untuk menjemput beberapa teman kami yang telah berangkat lebih dahulu dengan bus malam. Kemudian, kami mencari SPBU terdekat untuk melepas lelah sejenak sekaligus mengisi bahan bakar. Singkat cerita, kami akhirnya bertolak sekitar pukul enam pagi menuju stasiun Semarang yang dipakai sebagai tempat kumpul utama sebelum bertolak bersama-sama menuju kawasan Ambarawa dengan bus pariwisata. Di stasiun kami bertemu dengan teman-teman yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sekitar pukul delapan kami segera bertolak dari Semarang menuju Ambarawa.

Singkat cerita, kami telah sampai sekitar pukul sepuluh pagi di kawasan museum kereta api uap Ambarawa. Disini kami akan menikmati perjalan selama kurang lebih dua jam dengan KA Uap yang pernah jaya dimasanya, Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa bisa menikmati kesempatan untuk merasakan kereta uap, ditambah dengan pemandangan alamnya yang sangatttt indah.. Kereta uap ini berangkat dari Stasiun Ambarawa dengan tujuan akhir Stasiun Bedono.

Berikut beberapa foto yang bisa saya abadikan..

Loko Uap B2502
(Dok : Pribadi)

Foto Bersama peserta
(Dok : Istimewa)

Foto bersama peserta di Stasiun Bedono

KA Wisata Lori
(Dok : Pribadi)
 sedikit berupa dokumentasi video :

Setelah puas menikmati wisata kereta uap selama setangah hari, kini saatnya kami semua bersiap untuk segera bertolak kembali lagi menuju Kota Semarang untuk menuju destinasi selanjutnya yaitu Lawang Sewu yang saat ini dipakai oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai tempat wisata. Sesampainya di sana kami sudah disambut hangat oleh pengelola Gedung Lawang Sewu. Kemudian kami dibagi menjadi berkelompok-kelompok dan diajak berkeliling di kawasan Gedung Lawang Sewu

Foto bersama peserta di Lawang Sewu
(Dok : Istimewa)

Puas menikmati Lawang Sewu, kini saatnya kami semua berpisah. Semoga kita semua bisa bertemu kembali di lain kesempatan dilain kegiatan. Well, saatnya kita berburu hotel murah untuk istirahat..