15 Logo Terkenal yang Memiliki Arti Tersembunyi





Dibalik makna dan cerita logo-logo terkenal yang ternyata tak sesimpel logonya.
Pernah memperhatikan sebuah logo dan bertanya-tanya bagaimana inspirasi awal logo tersebut tercipta ?
Dari mana sih awal mula logo Apple yang fenomenal dengan gigitannya itu ?

Ternyata 15 logo terkenal ini sebenarnya mewakili sebuah arti dan makna tersembunyi lho.


1. Amazon



Yang pertama kali kamu sadari waktu kamu lihat logo Amazon adalah tanda panah yang terlihat seperti senyuman. Itu artinya Amazon hadir untuk membuat para customer happy. Tanda panah itu menunjuk dari huruf A ke z, yang artinya Amazon menyediakan semua barang untuk dijual dari huruf A hingga Z.

2. McDonald's



Jelas kan, 'M' untuk McD ini ngga ada arti lain kok. Tapi logo ini ternyata dianggap punya arti yang berbeda oleh para pelanggan. Menurut seorang konsultan desain dan psikolog Louis Cheskin, di tahun 60an, McD mau mengganti logonya, tapi Cheskin bersikeras  untuk tetap memakai lengkungan emas ini. Dia mengatakan kalau para pelanggannya menganggap logo ini sebagai "simbol payudara yang bergizi". Percaya atau tidak, Cheskin akhirnya berhasil meyakinkan mereka dan logo ini sekarang menjadi salah satu logo paling terkenal di dunia.

3. IBM



Logo IBM punya pesan tersembunyi bagi seluruh dunia yang terdapat di logo besar berwarna biru ini. Garis putih yang melewati tulisan ini memberikan tampilan sebuah tanda "sama dengan" di bagian sudut kanan bawah yang bermakna kesetaraan.

4. Apple



Kalau menurutmu logo Aplle ini ada hubungannya dengan Adam dan Hawa seperti di dalam kitab suci, maka jawabanmu tepat sekali. Logo ini mewakili buah terlarang dari "Pohon Pengetahuan".

5. Adidias



Pernah menyadari kalau logo Adidas ini terlihat seperti gunung ? Yup, memang itulah makna dari logo ini. Tiga garis ini, yang dulu juga digunakan di logo aslinya yang dibuat tahun 1967, sebenarnya ngga punya arti apa-apa. Garis itu digunakan supaya kelihatan unik aja kok. Tapi pada tahun 90an, mereka memiringkan garis-garisnya sehingga terlihat seperti gunung yang bermakna sebagai sebuah rintangan yang harus dilalui oleh kita semua.

6. FedEx



Logo Fedex ini cukup kreatif, kalau kamu perhatikan mungkin kamu hanya menyadari perbedaan dua warnanya saja. Tapi kalau kamu perhatikan baik-baik, kamu bisa melihat sebuah tanda panah antara huruf "E" dan "X" yang mewakili cara berpikiran maju dan menatap ke masa depan perusahaan.

7. Audi


 Empat lingkaran. Simpel dan polos kan ?
Jika itu menurutmu, maka jawaban itu salah. Faktanya, masing-masing lingkaran ini mewakili empat perusahaan pendiri Auto-Union Consortium tahun 1302 yaitu : DKW, Horch, Wanderer dan Audiplan.

8. Google


Sadar ngga kalau logo Google ini punya empat warna utama secara berurutan, tapi akhirnya malah jadi kacau karena ada warna sekunder ? Semuanya emang sengaja, karena Google ingin menunjukkan kalau mereka ngga mengikuti aturan dan ingin membuat semuanya terlihat santai tanpa harus membuat logonya jadi gendut. Karena itu mereka hanya menggunakan huruf dan warna yang sederhana.

9. Mercedes-Benz



Logo Mercedes-Benz adalah logo yang paling penuh percaya diri. Bintang berkaki tiga itu mewakili dominasi perusahaan dalam kualitas dan gaya di atas segala sesuatu yang ada di darat, laut dan udara.

10. NBC


Yup, logo ini adalah gambar burung merak, tapi kok warna-warni ya ? Itu karena, selama tahun 50an, pemilik NBC adalah RCA dan mereka baru saja memulai produksi TV berwarna. Karena RCA ingin menyadarkan orang-orang yang masih nonton TV hitam putih kalau ada yang kurang, NBC membuat logo penuh warna ini untuk mengadaptasi teknologi baru tersebut.

11. Volkswagen



Logo Volkswagen dibuat sangat simpel, tapi juga menghangatkan hati. Huruf "V" dan "W" nya gampang banget dilihat. "Volks" dalam bahasa Jerman artinya masyarakat dan "Wagen" artinya mobil. Berarti ini adalah mobil untuk masyarakat !

12. Mobil



Hal terpenting dari logo ini adalah warnanya. Warna merah melambangkan kekuatan dan biru melambangkan kepercayaan dan keamanan yang disediakan oleh perusahaan.

13. BMW



Ngga semua orang tahu kalau BMW punya sejarah dalam dunia penerbangan dan logo ini tetap setia pada sejarah tersebut. BMW punya peranan penting dalam perang dunia ke-2 sebagai pencipta mesin pesawat untuk tentara Jerman.Warna biru dan putih melambangkan sebuah baling-baling yang sedang bergerak di langit biru.

14. Toyota



Tiga bentuk oval yang ada di logo Toyota melambangkan tiga hati. Hati para pelanggan, Hati dari produk dan Hati dalam kemajuan di bidang teknologi.

15. Pepsi



Pada tahun 2008, Pepsi menghabiskan $1 juta untuk membayar Arnell Associates untuk membuat logo baru. Akibatnya Pepsi harus membayar ratusan juta untuk me-rebranding kembali merk-nya. Kemudian dokumen Arnell ini bocor dan judul dokumen tersebut adalah "Breathtaking  Design Strategy". Ternyata logo ini menunjukkan sebuah kode Da Vinci. Menurut dokumen Arnell, logo Pepsi ini mengacu pada Feng Shui, Renaissance, Geodynamo bumi, teori relativitas, alam semesta dan masih banyak lagi lainnya.






Jadilah logo Pepsi ini memiliki makna : Kunci dan pusat alam semesta.




Itulah 15 logo yang ternyata memiliki makna dan arti yang sebelumnya tak pernah kita ketahui.
Semoga bermanfaat.


No comments

copyright dikamedia | 2016. Theme images by diane555. Powered by Blogger.