Mengenal Kereta Wisata Indonesia


Mengenal KERETA WISATA yang dimiliki oleh 
PT Kereta Api Indonesia

photo by Johanes Christian

Tentunya, siapa sih yang tidak mengenal transportasi darat berbasis rel yang membentang dari ujung timur hingga ujung barat pulau Jawa dan juga di pulau Sumatra. Ya, transportasi itu disebut kereta api. Apakah kawan-kawan sudah pernah mencoba naik ?  Jika belum, cobalah sesekali merasakan nikmatnya naik kereta api. Tentunya kereta api merupakan moda transportasi masal yang sangat bisa diandalkan dan menjadi primadona bagi sebagian masyarakat kita meskipun sampai saat ini dirasa masih ada kekurangan.

Lihat saja saat musim libur sekolah, libur akhir tahun maupun saat menjelang dan setelah lebaran, hampir semua tiket tujuan berbagai kota-kota di daerah telah habis terjual. Baik dari KA kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Bahkan tiket telah habis terjual sejak 3 bulan sebelum hari keberangkatan !
Meskipun harga tiket kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif memakai tarif batas atas, nyata-nyatanya masih saja tetap ramai diserbu oleh para pelanggan setianya. Bahkan tiket kereta tambahan yang diluncurkan sebulan sebelum libur lebaran pun juga telah ramai diserbu oleh para calon pemudik. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat menggunakan kereta api sangat tinggi.


- KA Sri Tanjung di stasiun Surabaya Gubeng -
 
Melihat tingginya animo masyarakat ini mendorong PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanannya. Terbukti dengan semakin meningkatnya kepuasan masyarakat dalam pelayanan sarana angkutan kereta api ini, seperti beberapa diantaranya ialah meniadakan tiket berdiri untuk kereta jarak dekat, menengah serta jarak jauh, pemberlakuan sistem boarding pass saat masuk stasiun layaknya bandara udara, peningkatan fasilitas berupa pemasangan AC pada setiap kereta ekonomi dan bisnis, tidak ketinggalan pula dalam hal kemudahan mengakses informasi jadwal perjalanan serta pemesanan tiket kereta api dan lain sebagainya. Hal tersebut mendapat apresiasi tinggi tidak hanya dari masyarakat tapi juga beberapa instansi pemerintahan maupun swasta.

Tapi tahukah kawan-kawan sekalian jika saat ini PT Kereta Api Indonesia tidak hanya mengelola kereta komersial saja (kereta logistik dan penumpang). Saat ini PT KAI telah mengoperasikan kereta wisata yang dapat disewa untuk rombongan baik atas nama perseorangan maupun korporasi melalui anak perusahaannya yakni PT Kereta Api Pariwisata. Bahkan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono sering melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah menggunakan KA wisata. 

Nah, yuk kita simak bersama-sama apa saja sih kereta wisata yang dimiliki oleh PT KAI saat ini.



Kereta Wisata Nusantara
Seri Kereta S67501
Seat Capacity: 19 (13 di ruang utama dan 6 di balkon)
Operated in: 2009 – present

photo by indorailtour

 
Desain interior dan segala pernak-perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara, seolah saat kita berada di dalam kereta ini semua nuansa budaya nusantara dapat secara bersamaan kita nikmati. Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk eksklusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi Audio/karaoke system, Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (toilet) juga tersedia di dalam kereta ini.


Kereta Wisata Toraja
Seri Kereta S67801
Seat Capacity: 22 (16 di ruang utama dan 6 di VVIP)
Operated in: 2009 – present

photo by indorailtour

Interior kereta ini kental dengan nuansa budaya Toraja. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.

photo by Laksmono Rahayu





photo by Laksmono Rahayu





Kereta Wisata Bali
Seri Kereta S67801
Seat Capacity: 20 (16 di ruang utama dan 6 di VVIP)
Operated in: 2009 – present

photo by indorailtour

Interior kereta ini kental dengan nuansa budaya Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata itu. Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 memiliki 20 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dan 6 tempat duduk di ruangan khusus (kabin). Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.


Kereta Wisata Jawa
Seat Capacity: 20
Operated in: 2013 – present


photo by Balai Yasa Manggarai

Dengan desain interior dan segala pernak – perniknya menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa, membuat ketenangan seolah Anda berada di rumah. Kereta ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 20 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Tersedia mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga. Ruangan menarik lain ada pada ruang utama yang ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC), dan tak ketinggalan toilet yang bersih.



photo by Balai Yasa Manggarai



Kereta Wisata Sumatra
Seat Capacity: 22
Operated in: 2013 – present

photo by Balai Yasa Manggarai

Kereta ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 22 orang. Meski bercorak sama dengan kereta wisata Jawa, namun kereta wisata Sumatera ini tidak dilengkapi kamar tidur, diganti dengan ruang privat yang dilengkapi fasilitas Audio-video untuk berkaraoke atau menonton film.

Tersedia pula mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga. Ruang utama yang ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC), dan tak ketinggalan toilet yang bersih.








photo by Balai Yasa Manggarai




Kereta Wisata Priority
Seat Capacity: 28
Operated in: 2014

photo by indorailtour

Kereta Priority memiliki 2 unit kereta, setiap kereta berkapasitas 28 tempat duduk dan dilengkapi dengan mini bar, karaoke, VIP toilet serta AVOD (Audio, Video On Demand). Kereta ini termasuk kereta wisata yang relatif baru diluncurkan menjelang hari raya Idul Fitri 2014.

Kereta wisata Priority melayani dua rute, yakni Bandung-Yogyakarta dengan tarif saat week day 22 juta rupiah, sedangkan tarif saat week end 24 juta rupiah. Rute lainnya yakni Bandung-Surabaya dengan tarif week day 28 juta rupiah sedangkan tarif week end 29 juta rupiah.

photo by indorailtour



suasana saat wisatawan asal Belanda berwisata dengan KA Priority






Kereta Wisata Imperial
Seat Capacity: 20
Operated in: 2014

photo by indorailtour

Kereta Imperial terdiri dari 2 unit kereta, didesain khusus untuk perjalanan jarak jauh. Di dalamnya, hanya tersedia 20 tempat duduk dengan kelengkapan reclining seat, sleeper seat, karaoke, dan VIP toilet.

photo by indorailtour

 Kereta wisata Imperial sendiri melayani dua rute, yakni Bandung-Yogyakarta dengan tarif saat week day 16 juta rupiah, sedangkan tarif saat week end 18 juta rupiah. Rute lainnya yakni Bandung-Surabaya dengan tarif week day 20 juta rupiah, sedangkan tarif week end 22 juta rupiah.

suasana saat wisatawan asal Belanda berwisata dengan KA Imperial

 



Nah, demikian informasi yang bisa saya berikan untuk menambah pengetahuan tentang kereta api Indonesia kepada kawan-kawan sekalian.Ternyata, kereta kita ngga kalah kan dengan kereta di Eropa sana..
Adakah kawan-kawan punya keinginan untuk mencobanya suatu saat nanti ?
Post a Comment
copyright dikamedia | 2016. Theme images by diane555. Powered by Blogger.